sayuran penambah darah bagi anda penderita anemia Skip to main content

sayuran penambah darah bagi anda penderita anemia

sayuran penambah darah bagi anda penderita anemia - Bagi anda yag memiliki Keadaan kurang darah jangan takut darah anda akan habis. Kekurangan darah merupakan hal yang dapat diobati dengan memperbaiki pola makan anda, salah satunya dengan menambahkan sayur-sayuran penambah darah pada menu Anda sehari-hari. Kurang darah atau nama kedokterannya anemia adalah sautu kondisi dimana tubuh kekurangan sel darah merah yang berguna sebagai agen pembawa nutrisi dan oksigen kepada sel dan organ tubuh. Bedakan keadaan kurang darah dengan keadaan tekanan darah rendah. Salah satu penyebab kurang darah ialah kurangnya nutrisi yang dikandung makanan yang kita konsumsi. Nutrisi-nutrisi penting tersebut adalah asam folat, Vitamin B12, Vitamin C, dan yang paling penting, zat besi. Maka, prinsip penambahan makanan bernutrisi untuk mengatasi kurang darah adalah dengan mengkonsumsi makanan dengan kandungan 4 nutrisi tersebut. Mari kita lihat daftar sayuran penambah darah dan buah penambah darah:

Yang pertama Kacang Kedelai, Kacang-kacangan merupakan salah satu sumber zat besi dan vitamin yang baik untuk penambahan darah. Di antara kacang-kacangan yang baik untuk menambah darah adalah kacang kedelai. Kacang kedelai merupakan kacang-kacangan penambah darah yang memiliki zat besi sangat banyak. Kacang kedelai merupakan salah satu makanan rendah lemak yang tinggi protein dan dapat mengatasi kurang darah. Namun, kacang kedelai mengandung asam fitat yang dapat menghambat penyerapan zat besi pada saluran pencernaan Anda.
Cara mengatasi, cuci terlebih dahulu kemudian rendam kacang kedelai di mangkuk dengan di isi air hangat selama kurang lebih satu malam untuk mengurangi kandungan asam fitat tersebut sebelum Anda makan. Ini salah satu alternator yang mungkin bisa anda coba

Untuk yang kedua Brokoli, Sayuran yang sangat terkenal akan mengandung anti oksidan dan dapat mencegah datangnya penyakit kanker ini ternyata juga mempunyai manfaat sebagai sayuran penambah darah. Kandungan zat besi yang terdapat dakam brokoli dan asam folat pada sayuran ini mampu menambah persediaan zat besi dan asam folat bagi para konsumennya. Untuk mendapatkan jumlah asam folat yang maksimal dari brokoli, usahakan dalam penyajiannya untuk tidak memasak sayuran ini sampai terlalu matang karena akan mengurangi kadarnya.

Untuk yang ketiga Buncis, Sayuran buncis dapat juga menjadi salah satu sayuran penambah darah yang bisa anda coba. hakikatnya, sayuran ini mengandung asam folat yang dapat membantu tubuh Anda memproduksi sel darah merah yang sangat baik. Untuk mendapatkan nutrisi asam folat yang optimal dari bunci, disarankan anda mengkonsumsi brokoli dalam keadaan mentah dan usahakan untuk tidak memasak brokoli anda. Bagi anda yang tidak suka makanan mentah atau ada unsur yang mengharuskan anda memasak terlebih dahulu silahkan saja tapi jangan terlalu matang dalam penyajiannya karna akan mengurangi kadar yang ada di dalam brokoli.

Untuk yang keempat Bayam, sayuran ini mampu dapat menambah tenaga bagi para konsumennya seperti halnya dalam film kartun “POPAYE”. Sayuran penambah darah ini mengandung banyak zat besi, sehingga menjadi makanan NUMBER ONE yang disarankan dokter bagi penganut vegetarian yang menderita anemia. Selain zat besi, bayam juga kaya akan Vitamin C, kalsium, Vitamin B9 dan beta karoten. Bayam dapat dimakan dalam keadaan ditumis atau sayur bening, karena kuah yang dipakai merebus bayam juga mengandung banyak sekali zat besi yang dibutuhkan tubuh.

Salah satu solusi bagi para penganut vegetarian untuk mendapatkan asupan Vitamin B12 adalah dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang telah difortifikasi atau ditambahkan Vitamin B12 ke dalam makanan tersebut. Makanan yang biasa difortifikasi oleh Vitamin B12 adalah yogurt kedelai, susu kedelai, oatmeal dan jamur. Baca kandungan informasi gizi di kemasa makanan yang Anda beli untuk memastikan apakah makanan tersebut difortifikasi oleh Vitamin B12 atau tidak.

Selain mengkonsumsi makanan di atas, penting juga bagi para penderita anemia untuk menghindari minum teh sebelum, saat dan setelah makan. Teh mengandung zat yang dapat menghambat penyerapan zat besi di saluran pencernaan, sehingga disarankan untuk tidak minum teh berdekatan dengan waktu makan Anda. Minumlah teh Anda dengan jarak 3-4 jam dari jam makan Anda. Semoga bermanfaat dan terus kansumsi sayur-sayuran diatas agar manfaatnya dapat anda rasakan

Comments

Popular posts from this blog

manfaat buah apeluntuk kesehatan tubuh

manfaat buah apeluntuk kesehatan tubuh – buah dengan warna yang menarik ini memiliki beberapa manfaat yang dapat menyehatkan tubuh anda, bagi anda yang ingin memiliki badan sehat bisa mencoba dengan mengkonsumsi buah apel. Apel memang memiliki rasa yang khas dengan kandungan nutrisi yang sangat banyak, apa saja manfaat yang bisa kita rasakan jika mengkonsumsi apel. Ini lah beberapa manfaat buah apel untuk kesehatan tubuh Menyehatkan Saluran Pencernaan beberapa peneliti melakukan penelitian tentang khasiat buah apel dan penelitian ini tidak dilakukan langsung pada manusia akan tetapi penelitian ini di lakukan dengan hewan terlebih dahulu. Para peneliti membuat ekstrak apel khusus yang diberikan pada tikus dan hasilnya mengejutkan. 43% tikus yang diberi ekstrak apel dan hasilnya ternyata beresiko lebih rendah terkena kanker usus. Jika ekstrak tersebut berefek pada tikus kemungkinan besar juga berefek pada manusia. Menyehatkan Hati bagi sebagian orang belum ada yang tahu a

Manfaat buah Pepaya untuk kesehatan tubuh

Manfaat buah Pepaya untuk kesehatan tubuh . Pepaya yang mempunyai nama ilmiah “ Carica papaya ”, jenis tumbuhan jenis genus yang tumbuh dengan subur pada daerah beriklim tropis. Bebrapa orang memperkirakan asal pohon pepaya berasal dari Meksiko bagian selatan dan Amerika Serikat bagian utara, penyebaran buah papaya sendiri sudah mencakup seluruh dunia. Bagi anda yang suka mengkonsumsi Buah pepaya yang biasanya hanya untuk mengganjal perut ataupun hanya untuk memperlancar BAB. Adakalanya anda juga mengetahui beberapa manfaat buah papaya sealain dua diatas. Orang yang rajin makan buah-buahan seperti pepaya banyak membuat hidupnya terasa jauh lebih sehat. Hal ini disebabkan oleh kandungan nutrisi pada buah pepaya. Bisa di katakana 50% vitamin tersimpan dalam buah pepaya, jadi akan terlihat mustahil betul jika pepaya tidak berperan penting dalam mengontrol kondisi kesehatan seseorang. Untuk mengetahuinya, Anda bisa mengenal m Manfaat buah Pepaya untuk kesehatan tubuh berikut.